KADO HUT KE-43 MAN 1 KOTA SEMARANG BANJIR PRESTASI

HUMAS – Menjelang HUT MAN 1 Kota Semarang, siswa-siswi MAN 1 Kota Semarang berhasil meraih segudang prestasi pada Olimpiade Sains Indonesia yang terdiri dari Kompetisi Sains Indonesia (KSI) dan Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI), Kejuaraan Olimpiade Akademik Seantero Indonesia (OASE Edukasi ) Bimage Competition Tahun 2021 Tingkat Nasional dan Kompetisi Sains Nasional Komputer (KSN-K) baru-baru ini.

Medali yang diperoleh meliputi 1 emas, 5 perak dan 7 perunggu. Medali emas diraih Marsa Nur Kholilah, siswi X IPS-1 mata pelajaran (Mapel) Geografi dalam Lomba KSI.

Medali perak diraih oleh Arri Batu Abidah (XII MIPA-3) mapel Biologi, Angky Mutiara (X IPS-1) Mapel Geografi, dan Ghevira Shofiatul Janah (X IPS-1) Mapel Geografi.

7 medali Perunggu diraih Nanda Eka Aprilia (XI IPS-1) Mapel Ekonomi, Ananda Siva Almira (XI IPS-1) Mapel Ekonomi, Adelia Putri Cahyani (XI IPS-2) Mapel Geografi, Ahmad Naufal Amar Abdullah (X IPS-1) Mapel Geografi, Hanifa Rahma Islami (XI MIPA-1) Mapel Fisika, dan Intan Maulana (XII MIPA-2) Mapel Kimia.

Sementara untuk Lomba ONLI, meraih dua medali perak yaitu Hanifa Rahma Islami (XI MIPA-1) dan Intan Maulana (XII MIPA 2). Medali perunggu dalam lomba yang sama diraih oleh Aziyzah Qurrotu A’yun Sultonu Mas’ad (XI MIPA-4).

untuk Kejuaraan Olimpiade Akademik Seantero Indonesia (OASE Edukasi ) Bimage Competition Tahun 2021 Tingkat Nasional meraih 1 medali perak dan 3 perunggu. Medali perak diraih oleh Nashwa Alya Shafira Kelas X IPS 1 Mapel Akuntasi, medali perunggu diraih oleh Aliffiya Attiqo Nabiila Kelas X MIPA 1 mapel sosiologi, Naila Nur Azizah kelas X IPS 1 Mapel Sosiologi, Fada Salsabila Kelas XI MIPA 1 mapel Matematika, Hanifa Rahma Islami Kelas XI MIPA 2 mapel Biologi.

Sedangkan untuk Kompetisi Sains Nasional Komputer (KSN-K) meraih satu medali perunggu yang diraih oleh Rayana Naylul Amani kelas X MIPA 1 bidang Astronomi.

Waka Kurikulum MAN 1 Kota Semarang, Aris Fakhrudin mengatakan sangat bersyukur dan mengapresisasi atas prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswinya sehingga bisa mengharumkan almamater dan bisa menjadi kado yang indah untuk HUT MAN 1 Kota Semarang ke-43.

“Karena kemajuan teknologi, hampir tiap hari Minggu, para siswa selalu ada event lomba tingkat nasional yang diadakan oleh lembaga yang berbeda-beda. Dan alhamdulilah berhasil meraih prestasi,” ungkapnya.

Lomba tingkat nasional yang diikuti sebelumnya, di antaranya lomba Peneliti Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dan Madrasah Olympiad Contest (MOC). Bedanya POSI dan MOC adalah dari lembaga swasta yang berbeda sebagai penyelenggaranya.

“Selama pandemi siswa-siswi MAN 1 Kota Semarang rutin mengikuti lomba tingkat nasional yang bertujuan untuk persiapan Kompetisi Sains Nasional ini,” ujarnya.

Ia meminta kepada semua siswa agar tak berpuas diri dengan prestasi yang diraih. Justru, katanya, skill dan pemahaman materi terus diasah agar bisa meraih prestasi-prestasi lainnya lagi.

Penulis: Rosidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *