Perayaan Maulid Nabi SAW Sebagai Syiar Islam

Dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati di seluruh pelosok di Indonesia diadakan sebuah acara tertentu, misalnya dengan melantunkan syair-syair dan qasidah-qasidah pujian, pembacaan maulid, ceramah yang berisikan hikmah keteladanan baginda Rasulullah SAW dan lain sebagainya.

Islam memberikan hukum yang jelas tentang hal ini, yang mana mereka berpijak pada dalil Alqur’an dan hadist. Di dalam alqur’an Allah SWT  berfirman: “Demikianlah (perintah Allah). dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, Maka Sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS Al-Hajj ayat : 32)

Dalam ayat diatas berisi perintah Allah SWT untuk menghidupkan berbagai bentuk dari syiar Allah SWT, sebagai bukti kecintaan dan ketaqwaan pada diri hamba-Nya. Banyak terdapat ayat-ayat lain sebagai bentuk pengagungan syiar agama, diantaranya; dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 125, Allah Swt berfirman: . “Dan (ingatlah), ketika kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat shalat.”

Dalam kesempatan ini, MAN 1 Semarang memiliki agenda rutin setiap tahunnya, yaitu Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk tahun ini telah diselenggarakan berbagai macam lomba antar kelas, diantaranya : Management Pengajian dan Mading ; Fashion Show Busana Muslim; Cerdas Cermat Agama. Lomba diikuti oleh seluruh siswa siswi MAN 1 Semarang. Kreatifitas dan kekompakan tiap-tiap kelas dan perlu adanya kerjasama yang baik bisa menghasilkan prestasi yang luar biasa.

 Namun yang terpenting adalah perayaan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan ajang dakwah yang berpontensial guna mengenang kembali jasa perjuangan dan integritas Nabi Muhammad  SAW sebagai seorang pemimpin yang mengagumkan, yang memberikan keteladanan bagi umatnya. Dalam Al-Qur’an juga disinggung;. “Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al-Ahzab ayat 21). Dan sekaligus membawa pesan-pesan Islami yang berguna bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *