SERAH TERIMA AMANAT PENGURUS OSIM MAN 1 SEMARANG 2016-2017

SERAH TERIMA AMANAT PENGURUS OSIM MAN 1 SEMARANG

DSC_0715

Pada tanggal 21 November 2016 ini, MAN 1 Semarang mengadakan acara serah terima amanat  pengurus OSIM, dengan masa khidmah 2016-2017, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari pemilom (pemilihan langsung pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah ) yang di  diikuti oleh 99 guru dan pegawai MAN 1 Semrang, sementara dari siswa MAN 1 Mencapai 1460 sedangkan warga sekolah yang lainya adalah 10 orang, jadi jumlah seluruh yang mengikuti pemilom adalah 1569 orang.

Pada pemilom kali ini di menangkan oleh pasangan Adam Rasyid Dinata kelas XI IPA 8 dan RR. Saskia Febi Andini kelas XI Agama 1   menangkan oleh calon  laki-laki yang berpasangan dengan perempuan mencapai  perolehan suara sekitar 42%, yaitu dengan perolehan suara 657 suara.

Dalam acara tersebut bapak Drs. H. H. Mukhlas sebagai kepala Madrasah berpesan bahwa kepemimpinan adalah amanah bukan kebanggaan yang di tonjolkan, karena Pemimpin dan kepemimpinan merupakan persoalan keseharian dalam kehidupan bermasyarakat, berorganisasi, berusaha, berbangsa dan bernegara. Kemajuan dan kemunduran masyarakat, organisasi, usaha, bangsa dan megara antara lain dipengaruhi oleh para pemimpinnya. Oleh karena itu sejumlah teori tentang pemimpin dan kepemimpinanpun bermunculan dan kian berkembang.

Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil’alamin), telah meletakkan persoalan pemimpin dan kepemimpinan sebagai salah satu persoalan pokok dalam ajarannya.

DSC_0708

Beberapa pedoman atau panduan telah digariskan untuk melahirkan kepemimpinan yang diridai Allah SWT, yang membawa kemaslahatan, menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat kelak.

Sejarah Islam telah membuktikan pentingnya masalah kepemimpinan ini setelah wafatnya Baginda Rasul. Para sahabat telah memberi penekanan dan keutamaan dalam melantik pengganti beliau dalam memimpin umat Islam. Umat Islam tidak seharusnya dibiarkan tanpa pemimpin. Sayyidina Umar R.A pernah berkata, “Tiada Islam tanpa jamaah, tiada jamaah tanpa kepemimpinan dan tiada kepemimpinan tanpa taat”.

Pentingnya pemimpin dan kepemimpinan ini perlu dipahami dan dihayati oleh setiap umat Islam di negeri yang mayoritas warganya beragama Islam ini, walaupun kalian ini adalah siswa. meskipun Indonesia bukanlah negara Islam.

Allah SWT telah memberi tahu kepada manusia, tentang pentingnya kepemimpinan dalam islam, sebagaimana dalam Al-Quran kita menemukan banyak ayat yang berkaitan dengan masalah kepemimpinan.

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Al Baqarah: 30)

Ayat ini mengisyaratkan bahwa khalifah (pemimpin) adalah pemegang mandat Allah SWT untuk mengemban amanah dan kepemimpinana langit di muka bumi. Ingat komunitas malaikat pernah memprotes terhadap kekhalifahan manusia dimuka bumi. ”Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah SWT dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah SWT (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah SWT dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS An-Nisa: 59), Ayat ini menunjukan ketaatan kepada ulil amri (pemimpin) harus dalam rangka ketaatan kepada Allah SWT dan rasulNya.

Setelah acara ambil sumpah jabatan disusul dengan pemberian kacamata kepada anak-anak yang di pandang pantas untuk menerimanya, dalam kesempatan tersebut dr. Ferry Hirmansyah selaku dokter klinik MAN 1 Semarang dengan kipala sekolah memberi atau membagikan kaca mata tersebut kepada dua belas siswa siswi yang menerimanya

DSC_0743

DSC_0712DSC_0710DSC_0709