Semarang – Universitas Diponegoro dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada 21 Oktober 2021 menyelenggarakan Pengabdian masyarakat di Madrasah Aliyah Negeri 1 kota semarang. Kegiatan tersebut di ikuti oleh anggota robotik man 1 kota semarang yang berjumlah 15 orang. Kegiatan tersebut berupa workshop dengan Judul “penampil hasil DHT 11 menggunakan LCD dan wemos D1”. Wemos adalah mikrokontroler seperti arduino namun memiliki jaringan wifi, sedangkan LCD adalah alat penampil teks atau pun gambar. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Ir. Ainie khuriati, Prof Dr Suryono, Prof Dr Kusworo, Dr Djatmiko Endrosuseno, Dr. Sumariyah, Dr Catur Edi Wibowo, Heri Sugito, M.Si dan juga di bantu oleh beberapa mahasiswa dari undip.

Kegiatan dimulai dengan belajar wemos dengan dikombinasikan dengan DHT 11, kemudian hasil dari DHT 11 yakni suhu dan kelembaban ruangan. Selanjutnya para siswa diajak belajar untuk menampilkan hasil dari sensor DHT tersebut ke LCD.

Pengabdian masyarakat UNDIP di MAN 1 Kota Semarang dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.
“Alhamdulillah acaranya bagus, bermutu, dan juga lancar “, ungkap Fentika (salah satu anggota dari tim robotik). Waka Kurikulum, Aris Fahrudin merasa bersyukur dengan kegiatan ini karena dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi siswa MAN 1 Kota Semarang. Begitu pula dengan H. Tasimin, selaku kepala man 1 kota semarang akan selalu mensupport kegiatan-kegiatan yang akan meningkatkan mutu madrasah, pungkasnya. (Rosidi-dm/bd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *