Semarang— Dalam rangka menyambut HUT yang ke – 44, MAN 1 Kota Semarang bekerjasama dengan Racer Jakarta menyelenggarakan Jateng Robotic Competition 2022 pada Sabtu (12/2/2022). Kegiatan di selenggarakan di kampus MAN 1 Kota Semarang yang diikuti oleh 50 tim baik dari MTs maupun SMP se- Jawa Tengah.
Event JRC MAN 1 Kota Semarang dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jateng, Saifulloh. Dalam sambutanya Ia mengapresiasi kreativitas dan inovasi dari MAN 1 Kota Semarang atas prakarsanya dalam menggelar ajang kompetisi di bidang robotik.
“Saya bangga dengan penyelenggaraan kompetisi robotik yang pertama di Jawa Tengah, apalagi antusiasme peserta luar biasa, lebih dari 50 tim, tentunya ini menjadi prestasi dari pihak penyelenggara,” ungkap Saifulloh.
Kompetisi ini memberikan wadah bagi pelajar yang memiliki minat dan bakat dalam bidang robotik untuk lebih dapat meningkatkan/mengembangkan diri.
“Masing-masing siswa memiliki bakat, minat dan hobby yang berbeda, jika sifatnya positif, selayaknyalah harus kita fasilitasi,” tutur Tasimin selaku Kepala MAN 1 Kota Semarang.
Hadir pula Kepala Kankemenag Kota Semarang didampingi Kasi Penma.
Senada dengan yang disampaikan Saifulloh, Mukhlis Abdillah selaku Kakankemenag Kota Semarang juga mengapresiasi MAN 1 Kota Semarang yang telah berhasil sebagai pionir dalam memberikan wadah bagi siswa di bidang robotik.
Setelah membuka acara, Saifulloh sempatkan untuk melihat stan pameran robotik dari masing-masing peserta, didampingi Kakankemenag Kota Semarang dan Kasi Penma.

Sebagai pemenang lomba dalam Kategori Creative Level MTs/SMP : Medali Emas diraih oleh MTs Sunan Muria Kelet Jepara (anggota : Surya Bagas Nugraha dan Febryan Tri Maulana; medali perak diraih oleh MTS Mambaul Ulum Mambak (anggota tim : Anida Rif’atussa’adah dan Tri Intan Permata Indah); medali perunggu diraih oleh MTS Manahijul Huda Ngagel Dukuh Seti Pati (anggota tim : Tribuana Mulyaning Dewi dan Qoidusshidqi Mushoffa).

Sedangkan pemenang kategori Maze Solving : medali emas diraih MTs Darul Ulum Kalingga Donorojo Jepara (anggota tim : Aulia Syifa Anantasya dan Oktariza Alya Ismy Agustin); medali perak diraih MTs N 2 Boyolali (anggota tim : Muh. Abdillah dan Fadila Rahma A) dan medali perunggu diraih oleh MTs Negeri 1 Grobogan (anggota tim : Alif Reva Arshavin dan Aqilah Bilqis Ramadhani). (Rosidi-Hum)

Leave a Reply

Your email address will not be published.