Fasilitasi Pelajar Usia Pilih, Dispendukcapil Kota Semarang Lakukan Perekaman E-KTP di MAN 1 Kota Semarang

Semarang – Kamis, 18 Januari 2024 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang menggulirkan program jemput bola perekaman KTP Elektronik ke MAN 1 Kota Semarang. Program perekaman KTP Elektronik tersebut bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik yang sudah memasuki usia pilih di pemilu 2024. Seperti yang sudah diketahui pada tahun 2024 ini masyarakat Indonesia dan Jawa Tengah akan menghadapi beberapa kali pemilu serentak, yakni pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak pada bulan November 2024.  

Dalam kegiatan Perekaman KTP Elektronik tersebut, Pelajar yang sudah berusia 17 tahun dan 16 tahun dengan catatan pada bulan November berusia 17 tahun bisa melakukan perekaman KTP Elektronik. Nantinya identitas kependudukan tersebut bisa digunakan sebagai syarat untuk bisa melakukan pemilihan pada 14 Februari 2024 atau pada PILKADA serentak bulan November 2024 nanti. Selain perekaman KTP Elektronik bagi peserta didik pemilih pemula, kedatangan petugas Dispendukcapil Kota Semarang juga dimanfaatkan oleh Bapak / Ibu Guru serta Pegawai MAN 1 Kota Semarang dalam pembuatan akun Identitas Kependudukan Digital melalui Smartphone. Nantinya pembuatan Identitas Kependudukan Digital tersebut dapat digunakan dengan fungsi yang lebih mempermudah ketika membutuhkan data kependudukan dimanapun dan kapanpun, karena tinggal mengecek dari smartphone masing-masing.  

“Alhamdulillah kegiatan perekaman KTP Elektronik yang dilaksanakan oleh Dispendukcapil Kota Semarang di MAN 1 Kota Semarang berjalan dengan lancar. Tidak hanya peserta didik saja yang ikut terbantu dengan kegiatan ini, tetapi bapak / Ibu Guru serta Pegawai MAN 1 Kota Semarang juga terbantu, khususnya dalam pembuatan akun Identitas Kependudukan Digital” Ujar Wakil Kepala Madrasah MAN 1 Kota Semarang bidang Kehumasan Ibu Hj. Chomsatun, S.H., M.Pd. yang ikut mendampingi kegiatan dari awal sampai akhir.
(HUMAS MAN 1 Kota Semarang)