Bertemu Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Murid MAN 1 Kota Semarang mendapat Hadiah Spesial “Ibunya diumrohkan”

Bertemu Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Siswi MAN 1 Kota Semarang “Sayla Maliatul Marzuqoh mendapat Hadiah Spesial, Ibunya diumrohkan”  

“Masihkah ada sesuatu yang mengganjal mau berangkat kuliah ke luar negeri,” tanya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad ketika memberikan arahan kepada Sayla Maliatul Marzuqoh, siswi MAN 1 Kota Semarang penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) program S1 Luar Negeri, Jumat (17/5/2024).  

Sayla pun mengaku, hal terberat adalah meninggalkan sang Ibunda. “Mama saya sudah berusia 57 tahun. Memang usia tidak ada yang tahu. Tapi saya berharap mama berumur panjang hingga saya bisa menyelesaikan studi saya di Hongkong,” kata Sayla sewaktu bersilaturahim kepada Kakanwil, Jumat (17/4/2024) di Gedung Armina Boyolali.  

Sayla juga mengungkapkan keinginannya untuk bisa memberangkatkan ibunya ke tanah suci. “Saya pengen setelah empat tahun kuliah di Hongkong, pulang dan mengumrohkan mama,” ujar Sayla.  

Terenyuh akan jawaban Sayla, Kakanwil pun lansung memberikan respon yang menggembirakan. “Kalau Sayla ingin mamanya umroh, akan Saya umrohkan. Setelah musim haji ini,” Kakanwil langsung menimpali.  

Sontak, Sayla pun menjawab mau. “Terima kasih Pak Kakanwil. Jadi nanti saya tinggal meng’haji’kan mama saya,” kata Sayla terharu.  

Sebelum berangkat ke Hongkong, Kakanwil menyampaikan beberapa pesan kepada Sayla. Kakanwil mengingatkan Sayla untuk tidak melupakan identitas keIndonesiaan, keislaman, dan kemadrasahan.  

Menurut Kakanwil, kesuksesan yang sudah diperoleh Sayla bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun harus bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara.  

Terakhir, Kakanwil berpesan agar Sayla selalu menjaga salat, mengaji dan berdoa. Untuk itu, Kakanwil memberikan bekal seperangkat alat salat dan Alqur’an.   Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Tim Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag Jateng Juahir, Ketua Tim Kesiswaan Kanwil Kemenag Jateng Agus Widagdo, dan Kepala MAN 1 Kota Semarang Tasimin, serta Waka Kurikulum MAN 1 Kota Semarang Aris Fakhrudin.  

Sayla tengah mempersiapkan berangkat ke Hongkong University of Science and Technology (HKUST) pada Agustus 2024. (HUMAS Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah)                                        

Pelepasan dan Penyerahan Peserta Didik Kelas XII MAN 1 Kota Semarang Tahun Ajaran 2023/2024

Semarang - MAN 1 Kota Semarang baru saja menggelar acara Pelepasan dan Penyerahan Peserta Didik Kelas XII tahun ajaran 2023/2024 pada Sabtu (11/5).    

Acara ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB yang terdiri dari serangkaian kegiatan, di antaranya pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, rangkaian laporan dan sambutan, ragam pentas dan penampilan hiburan, prosesi wisuda, serta penutup.    

Kegiatan yang bertempat di lapangan utama MAN 1 Kota Semarang ini dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas XII dan wali murid. Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Kota Semarang, Bapak Dr. H. Ahmad Farid, M.Si., dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Semarang, Bapak Dr. H. Moch Fatkhurroji, M.Pd.    

Pada kesempatan ini, Bapak Dr. H. Ahmad Farid, M.Si., memberikan ucapan selamat kepada peserta didik yang telah menuntaskan masa studinya di MAN 1 Kota Semarang selama tiga tahun lamanya. "Selamat kepada kalian semuanya. Ini adalah momen untuk melangkah ke jenjang berikutnya," tuturnya.    

Sementara itu, Sayla Maliatul Marzuqoh, siswi MAN 1 Kota Semarang penerima program Beasiswa Indonesia Maju, mengungkapkan rasa terima kasih untuk rekan-rekan satu angkatannya. "Tiga tahun adalah waktu yang cukup untuk kita saling mendukung, mengenal, dan saling menguatkan," imbuh Sayla.    

Acara tersebut turut menampilkan sederet pentas seni dan hiburan, mulai dari rebana As Salam, seni tari, pencak silat Sosrobirowo, penampilan lagu, serta pidato dengan 5 bahasa yang berbeda.    

Tahun ini, MAN 1 Kota Semarang melepas sebanyak 420 siswa/siswi kelas XII dari seluruh jurusan. Beberapa di antaranya sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN).    

Terdapat juga penyematan predikat oleh Kepala Madrasah bagi peserta didik yang sukses meraih peringkat paralel dan wisudawan terbaik dari masing-masing jurusan.

MAN 1 Kota Semarang Gelar Rapat Penentuan Kelulusan Kelas XII Tahun Ajaran 2023-2024

MAN 1 Kota Semarang- (Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang menggelar rapat penentuan kelulusan siswa kelas XII tahun ajaran 2023/2024, di Aula, Sabtu, 4 Mei 2024.

Kegiatan rapat yang di hadiri semua guru, para wali kelas XII, ini diawali dengan pengarahan dari Kepala MAN 1 Kota Semarang, H. Tasimin. yang mengapresiasi kepada seluruh guru atas usahanya dalam mendidik dan membina seluruh peserta didik MAN 1 Kota Semarang khususnya kelas XII. Kamad juga mengimbau seluruh guru mengikhlaskan apa yang diberikan kepada seluruh siswa supaya berkah dan bermanfaat.

Selanjutnya penjelasan tentang teknik penetapan kelulusan disampaikan oleh Wakamad Bidang Kurikulum MAN 1 Kota Semarang H. Aris Fahrudin. dengan merujuk pada Standar Operasional Prosedur (SOP) Dirjen Pendis Kementerian Agama RI dengan kriteria menyelesaikan seluruh program pembelajaran, nilai sikap minimal B, dan telah mengikuti Assesmen Madrasah (AM) yang di selenggarakan madrasah.

Setelah melalui musyawarah, rapat memutuskan secara bersama jumlah peserta didik yang dinyatakan lulus. Hasil kelulusan rencananya akan diumumkan pada tanggal 6 Mei mendatang secara online melalui website MAN 1 Kota Semarang agar para siswa tidak melakukan perayaan dengan melakukan tindakan yang berlebihan.  

Boarding Shoool MAN1 Kota Semarang Mengadakan Muwadda'ah Akhirrussanah

MAN 1 Kota Semarang -  Keluarga Besar Islamic Boarding School (IBS) Darul Ulum Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang menggelar Halal Bihalal dan Muwadda’ah Akhirussanah di Aula pada Ahad, 5 Mei 2024.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepada Madrasah H Tasimin MSI, Ketua Komite Dr Ngasbun Egar, para Waka, para pengurus IBS, wali santri. musyrif, musyrifah serta tamu undangan.

Dalam sambutannya H Tasimin mengatakan bahwa untuk kelas X.1 harus memilih program tahfidz agar dapat berkahnya Alqur’an. “

Di kurikulum merdeka ini siswa kelas X.1 kami wajibkan untuk ikut program tahfidz begitu naik di kelas XI juga harus lanjut program tahfidznya, ini merupakan program unggulan MAN 1 Kota Semarang, jika 3 tahun tidak hafal 5 juz maka tidak lulus. Untuk itu kami mohon dukungan dari para orang tua wali santri,” ungkap H Tasimin.

Ketua IBS Darul ulum H.M.Taufiq mengucapkan sugeng riyadi nyuwun panganpunten sedoyo kalepatan.

“Jumlah santri saat ini kelas X sebanyak 61, kelas XI 29 dan kelas XII 22 santri. Sementara yang akan masuk santri baru 72 jalur prestasi dan belum lagi jalur regular. Pengelola IBS mengharap kemandirian dari putra-putri bapak ibu serta mohon  tingkatkan disiplin dan kepatuhan pada tata tertib,” ungkap H M.Taufiq.

“Bagi yang di kelas tahfidz maka selanjutnya harus ikut program tahfidz dan harus komitmen, perolehan hafalan minimal 5 juz, bila belum tercapai maka belum dikatakan lulus. Ini merupakan program dari IBS Darul Ulum,” tambahnya.

Pada kesempatan halal bihala ini disugihi penampilan tari saman, hadroh dari para santri, dan khotmil qur’an serta penyerahan penghargaan santri berprestasi.

Sementara Ketua Komite MAN 1 Kota Semarang Dr Ngasbun Egar berharap para santri mendapatkan berkah dan kemanfaatn dari program IBS Darul Ulum.

“Atas nama komite, kami menyampaikan ja’alanahhahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin. Jika ada hal yang kurang kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan jika layanan komite belum memuaskan dalam kesempatan berikutnya kami akan tingkatkan dalam rangka menyiapkan generasi khaira ummah yang meneladani sifat-sifat Rasulullah dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Dr Ngasbun Egar.

“Peran santri pada saatnya akan berkonstribusi dalam pembangunan bangsa Indonesia, mari kita tingkatkan prestasi yang diraih siswa IBS. mudah-mudahan kita diberikan jalan kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan satu peran untuk mencerdaskan anak bangsa,” tambahnya

Ahmad Nasihin S.Ag MP.d selaku wakil wali santri berharap para orang tua juga ikut tirakat karena kesuksesan seorang santri juga harus di dukung oleh orang tuanya, kami mohon para santri hormat para guru, ustadz dan orang tua, ikuti aturan dan tertib dalam aturan.

Dalam mauidhotul hasanahnya, Pengasuh Pondok Pesantren Al Ishlah Meteseh Semarang Drs.KH Ali Nurhan menyampaikan bahwa semua kehidupan itu ada jalannya, jalan menuju surga itu ilmu.

“Sering-seringlah adakan khataman Alqur’an agar di mudahkan urusan dan di mudahkan masuk Perguruan Tinggi favorit dan MAN 1 Kota Semarang makin eksis serta mendapatkan keberkahan,” tutur KH Ali Nurhan.

“Barang siapa yang disibukkan dengan Alqur’an, Allah akan memberikan balasan terbaik  bahkan melebihi orang-orang yang berdoa. Jika ingin hidup bahagia dan mendapat title  syahid maka ikut rombongan darul ulum,” tambahnya.  

Hari Pendidikan Nasional

MAN 1 Kota Semarang- Segenap dewan guru dan pegawai serta siswa/siswi MAN 1 Kota Semarang memperingati Hari Pendidikan Nasional pada hari Kamis (2/5).  

Acara yang bertempat di Lapangan utama MAN 1 Kota Semarang, sebagai Pembina upacara Kepala Madrasah H. Tasimin, S.Ag, M.SI, selaku Pembina upacara. Beliau membacakan pidato dari Menteri Pendidikan Nasional, Bapak Nadiem Anwar Makarim.  

Singkatnya, pidato tersebut menegaskan tentang transformasi yang terjadi di tengah pandemi. Mendikbud juga menyoroti perubahan positif dalam pendidikan dan budaya.  

Selain itu, beliau juga menyampaikan harapan agar gerakan Merdeka Belajar dapat berlanjut seperti semestinya.  

Seluruh siswa/siswi dan dewan guru turut memeriahkan acara dengan memakai berbagai pakaian adat untuk menunjukkan kekayaan budaya bangsa Indonesia.  

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen untuk terus memajukan pendidikan di tanah air, peringatan Hari Pendidikan Nasional di MAN 1 Kota Semarang menjadi momen yang berkesan bagi seluruh partisipan dalam dunia pendidikan.

Upacara Hari Kartini

MAN 1 Kota Semarang- Segenap guru dan pegawai serta siswa/siswi MAN 1 Kota Semarang gelar upacara guna memperingati hari Kartini yang bertempat di lapangan utama pada hari Senin (22/4).  

Dalam amanat, Kepala MAN 1 Kota Semarang, Bapak H. Tasimin, S.Ag, M.SI, mengungkapkan bahwa peringatan Raden adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang pada tanggal 17 September 1904 pada usia 25 tahun mengispirasi kita semua, khususnya bagi kaum wanita.  

Raden Ajeng Kartini merupakan inspirasi bagi kita untuk meniru perjuangan serta kegigihannya yang telah memperjuangkan kemerdekaan, khususnya di bidang pendidikan bagi para perempuan Indonesia” terangnya.  

Di penghujung upacara, para siswa/siswi serta segenap guru dan pegawai MAN 1 Kota Semarang menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini” dengan khidmat.  

Perjuangan Raden Ajeng Kartini patut menjadi panutan bagi para wanita bangsa. Semangatnya untuk memperjuangkan kesetaraan dan pendidikan menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia untuk berkiprah di tengah masyarakat dan memaksimalkan segenap potensi yang mereka miliki, tandas (humas)  

Banjir Melanda MAN 1 Kota Semarang

M AN 1 Kota Semarang- Hujan yang mengguyur wilayah Kota Semarang selama tiga hari (Selasa 12-Kamis 14 Maret 2024), menyebabkan banjir di Kota Semarang dan sekitarnya. Kondisi ini berlangsung mulai Rabu malam (13 April 2024) kemarin.

Akibat hujan tersebut dan di tambah banyak bendungan jebol, sejumlah wilayah di Kota Semarang tergenang banjir. Tidak hanya perumahan warga, kantor pemerintah hingga sekolah juga terdampak, salah satunya MAN 1 Kota Semarang yang ikut terendam mulai Rabu malam setinggi kurang lebih 1 meter dari area depan sampai belakang madrasah.

Selain karena hujan yang terus menerus, hal ini juga disebabkan jebolnya tembok area Barat madrasah, sehingga membuat arus dari luar yang semakin deras masuk ke area dalam madrasah.

Kepala MAN 1 Kota Semarang Bapak Tasimin mengatakan, kondisi madrasah dari kemarin hingga Kamis dini hari masih terendam banjir.”Akses menuju madrasah hingga saat ini dalam kondisi tergenang. Bahkan sudah sampai di ruang kerja Kepala Madrasah, ruang TU, ruang guru, ruang BK, ruang Computer, ruang Multimedia, ruang Laborat, ruang kelas lantai bawah hingga aula sekolah. Tak hanya itu, beberapa jenis iventaris madrasah ikut terendam. Dintaranya beberapa printer, LCD Proyektor, computer, mobil dinas, kursi  merah citos, sound sistem seni musik,filling kabinet, almari ruang ISO, mimbar upacara, beberapa buku administrasi milik guru, karyawan dan dokumen BK, sehingga akses listrik terpaksa sempat juga dimatikan demi menghindari insiden yang tidak diinginkan,” tuturnya.


Waka kurikulum menambahkan, peserta didik belajar di rumah hari Kamis dan Jum’at untuk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sementara guru dan karyawan tetap masuk untuk saling bekerjasama membersihkan lingkungan madrasah” kata Aris Fahrudin.

Tidak hanya itu malam Kamis, Pak Kabid mengunjungi  langsung dan paginya belau datang lagi dan kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang di dampingi pengawas, meninjau langsung kondisi terkini MAN 1 Kota Semarang.(Humas MAN 1 Kota Semarang)
 

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024, MAN 1 Kota Semarang Terima Penghargaan Anugerah PWI 2024 Bidang Pendidikan


Jakarta, 20 Februari 2024 - Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia di gelar di Ecovention Ancol, DKI Jakarta.  Sebagai catatan, Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari menjadi salah satu pijakan jurnalisme di tanah air. Peringatan ini sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang dibentuk sejak 1946. Pada peringatan Hari Pers Nasional 2024 ini, mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa”.

Hadir dalam momentum tersebut Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, beserta jajaran tokoh penting pers seperti Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu dan Ketua PWI Hendry Ch Bangun, juga seluruh pimpinan daerah se-Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memberikan sambutannya dan menyempatkan diri untuk berfoto bersama para insan dan perwakilan institusi yang memperolah penghargaan anugran PWI 2024.

Puncak Peringatan Hari Pers yang digelar mulai pukul 3 sore, MAN 1 Kota Semarang secara khusus mendapatkan undangan untuk menerima pernghargaan Anugerah PWI 2024 bidang Pendidikan. Perghargaan yang diterima langsung oleh kepala madrasah H. Tasimin, S.Ag., M.S.I. merupakan puncak dari rangkaian prestasi madrasah selama kurun waktu 2023 dan awal tahun 2024 yang berhasil menorehkan berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik. Lebih khusus prestasi di bidang riset dan robotik tingkat nasional dan internasional yang banyak di raih oleh madrasah pada tahun 2023.
“Alhamdulillah MAN 1 Kota Semarang mendapatkan Penghargaan Anugerah PWI 2024 bidang pendidikan, dan berkesempatan hadir langsung memenuhi undangan dari PWI untuk menerima penghargaan ini di Jakarta. Semoga prestasi yang diperoleh ini mampu membuat kami keluarga besar MAN 1 Kota Semarang semakin meningkatkan prestasi di tahun 2024 dan tahun tahun yang akan datang.” Ujar kepala madrasah H. Tasimin, S.Ag., M.S.I.

Sebagai informasi tambahan, dalam peringatan Hari Pers Nasional 2024 ini, ada tujuh kategori penerima Anugerah PWI tersebut. Adalah Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto, ST.IPU, ASEAN Eng untuk Anugerah PWI bidang kebudayaan; Bupati Tapanuli Selatan, Sumut H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu S.Pt, M menerima Anugerah PWI bidang Lingkungan Hidup dan Walikota Banjar Baru, Kalsel H. Muhammad Aditya Mufti Ariffin, SH., MH. ditetapkan sebagai penerima Anugerah PWI bidang UMKM.

Kemudian, penerima Anugerah PWI lainnya, adalah Bupati Simalungun Sumut Radiapoh Hasiholan Sinaga SH., MH (bidang kebudayaan); Bupati Serang Banten Hj Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak (bidang kebudayaan) dan Bupati Bandung Jabar Dr H. M. Dadang Supriatna, S.Ip., M.Si (bidang kebudayaan) serta Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang, penerima Anugerah PWI bidang pendidikan. (HUMAS MAN 1 Kota Semarang)

Kunjungan Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI di MAN 1 Kota Semarang

Semarang, 6 Februari 2023 - MAN 1 Kota Semarang kedatangan Tamu Istimewa dari jajaran Kementerian Agama RI pusat. Beliau adalah Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M. Kepala Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Kedatangan beliau ke MAN 1 Kota Semarang didampingi oleh H. Juair, S.Ag, MM, M.Si. Kasi Kurikulum & Kesiswaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. 

Ditengah kesibukan beliau dalam kegiatan Rakernas 2024 yang bertempat di Hotel Gumaya Semarang, beliau menyempatkan diri untuk berkunjung ke MAN 1 Kota Semarang. Kedatangan beliau disambut oleh Kepala Madrasah H. Tasimin, S.Ag., M.S.I. dan didampingi oleh Bapak dan ibu wakil kepala madrasah. Diterima di ruang kepala madrasah, Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M. banyak bercerita tentang pengalamannya ketika membawa MAN Insan Cendekia Serpong menjadi salah satu madrasah unggul dan favorit di Indonesia. Beliau juga banyak menyampaikan terkait dengan regulasi kurikulum madrasah khususnya Madrasah Aliyah kedepan dan bagaimana madrasah harus selalu menyesuaikan dalam perubahan zaman yang begitu cepat. Dan terakhir beliau juga memberikan banyak masukan untuk perkembangan madrasah untuk menjadi pilihan pertama dan utama bagi masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala MAN 1 Kota Semarang H. Tasimin, S.Ag., M.S.I. menyampaikan banyak terima kasih kepada Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M. yang berkenan menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke MAN 1 Kota Semarang.“Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M., ditengah kesibukan bapak yang luar biasa masih bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke MAN 1 Kota Semarang. Terima kasih juga kepada Bapak H. Juair, S.Ag., MM., M.Si. yang telah mendampingi dalam kunjungan ini.” Ujar beliau kepala MAN 1 Kota Semarang.Beliau juga berharap, diwaktu yang akan datang Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M. bisa datang kembali ke MAN 1 Kota Semarang.“besar harapan kami diwaktu yang akan datang, bapak Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M. bisa kembali hadir di MAN 1 Kota Semarang. Terlebih bisa memberikan pembinaan  dan sharing-sharing pengalaman kepada kami juga bapak/ibu guru MAN 1 Kota Semarang.” Tutup beliau kepala MAN 1 Kota Semarang. (HUMAS MAN 1 Kota Semarang)