Boarding Shoool MAN1 Kota Semarang Mengadakan Muwadda'ah Akhirrussanah

MAN 1 Kota Semarang -  Keluarga Besar Islamic Boarding School (IBS) Darul Ulum Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang menggelar Halal Bihalal dan Muwadda’ah Akhirussanah di Aula pada Ahad, 5 Mei 2024.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepada Madrasah H Tasimin MSI, Ketua Komite Dr Ngasbun Egar, para Waka, para pengurus IBS, wali santri. musyrif, musyrifah serta tamu undangan.

Dalam sambutannya H Tasimin mengatakan bahwa untuk kelas X.1 harus memilih program tahfidz agar dapat berkahnya Alqur’an. “

Di kurikulum merdeka ini siswa kelas X.1 kami wajibkan untuk ikut program tahfidz begitu naik di kelas XI juga harus lanjut program tahfidznya, ini merupakan program unggulan MAN 1 Kota Semarang, jika 3 tahun tidak hafal 5 juz maka tidak lulus. Untuk itu kami mohon dukungan dari para orang tua wali santri,” ungkap H Tasimin.

Ketua IBS Darul ulum H.M.Taufiq mengucapkan sugeng riyadi nyuwun panganpunten sedoyo kalepatan.

“Jumlah santri saat ini kelas X sebanyak 61, kelas XI 29 dan kelas XII 22 santri. Sementara yang akan masuk santri baru 72 jalur prestasi dan belum lagi jalur regular. Pengelola IBS mengharap kemandirian dari putra-putri bapak ibu serta mohon  tingkatkan disiplin dan kepatuhan pada tata tertib,” ungkap H M.Taufiq.

“Bagi yang di kelas tahfidz maka selanjutnya harus ikut program tahfidz dan harus komitmen, perolehan hafalan minimal 5 juz, bila belum tercapai maka belum dikatakan lulus. Ini merupakan program dari IBS Darul Ulum,” tambahnya.

Pada kesempatan halal bihala ini disugihi penampilan tari saman, hadroh dari para santri, dan khotmil qur’an serta penyerahan penghargaan santri berprestasi.

Sementara Ketua Komite MAN 1 Kota Semarang Dr Ngasbun Egar berharap para santri mendapatkan berkah dan kemanfaatn dari program IBS Darul Ulum.

“Atas nama komite, kami menyampaikan ja’alanahhahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin. Jika ada hal yang kurang kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan jika layanan komite belum memuaskan dalam kesempatan berikutnya kami akan tingkatkan dalam rangka menyiapkan generasi khaira ummah yang meneladani sifat-sifat Rasulullah dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Dr Ngasbun Egar.

“Peran santri pada saatnya akan berkonstribusi dalam pembangunan bangsa Indonesia, mari kita tingkatkan prestasi yang diraih siswa IBS. mudah-mudahan kita diberikan jalan kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan satu peran untuk mencerdaskan anak bangsa,” tambahnya

Ahmad Nasihin S.Ag MP.d selaku wakil wali santri berharap para orang tua juga ikut tirakat karena kesuksesan seorang santri juga harus di dukung oleh orang tuanya, kami mohon para santri hormat para guru, ustadz dan orang tua, ikuti aturan dan tertib dalam aturan.

Dalam mauidhotul hasanahnya, Pengasuh Pondok Pesantren Al Ishlah Meteseh Semarang Drs.KH Ali Nurhan menyampaikan bahwa semua kehidupan itu ada jalannya, jalan menuju surga itu ilmu.

“Sering-seringlah adakan khataman Alqur’an agar di mudahkan urusan dan di mudahkan masuk Perguruan Tinggi favorit dan MAN 1 Kota Semarang makin eksis serta mendapatkan keberkahan,” tutur KH Ali Nurhan.

“Barang siapa yang disibukkan dengan Alqur’an, Allah akan memberikan balasan terbaik  bahkan melebihi orang-orang yang berdoa. Jika ingin hidup bahagia dan mendapat title  syahid maka ikut rombongan darul ulum,” tambahnya.